Sabtu, 03 Desember 2011

banjir ....

Banjir adalah peristiwa terbenamnya daratan oleh air. Peristiwa banjir timbul jika air menggenangi daratan yang biasanya kering. Banjir adalah hal yang rutin. Setiap tahun pasti datang. Banjir, sebenarnya merupakan fenomena kejadian alam "biasa" yang sering terjadi dan dihadapi hampir di seluruh negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Banjir sudah temasuk dalam urutan bencana besar, karena meminta korban besar.

Berdasarkan sumber air yang menjadi penampung di bumi, jenis banjir dibedakan menjadi tiga, yaitu banjir sungai, banjir danau, dan banjir laut pasang.
 
Banjir bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya seperti berikut:
  • Banjir bisa terjadi karena tidak tertampungnya aliran air di sungai atau dalam sistem drainase. Tidak tertampung karena terjadi penambahan volume air yang tinggi, sehingga air dapat meluap keluar dari badan sungai atau drainase.
  • Banjir bisa disebabkan oleh tingginya jumlah curah air hujan. Jumlah curah hujan yang tinggi melebihi kemampuan kecepatan dan volume air yang mengalir, sehingga terjadi ketidak seimbangan.
  • Banjir bisa disebabkan karena berkurangnya kapasitas tampung sungai dan system drainase. berkurangnya kapasitas misalnya karena bertambahnya jumlah endapan lumpur sehingga terjadi pendangkalan.
  • Banjir bisa disebabkan karena kurangnya daerah resapan air hujan. Air hujan yang jatuh ke tanah seharusnya mengalir ke tempat yang rendah atau meresap ke dalam tanah. Tetapi jika permukaan tanah semakin banyak digunakan untuk kepentingan konstruksi bangunan permanen, maka daerah resapan semakin mengecil dan air tergenang di permukaan tanah.
  • Banjir bisa disebabkan oleh lokasinya yang lebih rendah dari permukaan sekitar. Daerah rendah memang menjadi sasaran utama air dan menjadi aliran akhir air yang mengalir
  • Bisa disebabkan oleh pasang naik air laut. Pasangnya air laut memiliki daya dan arus tersendiri sehingga dapat menghambat laju aliran air sungai yang akan keluar, dan mendesak air sungai kembali dan meluap.
  • Banjir cenderung terjadi di dataran rendah, muara dan berdekatan dengan laut.
  • Cenderung terjadi di wilayah yang terlalu banyak bangunan sehingga kurang daerah resapan. 
  • Banjir cenderung terjadi di wilayah yang curah hujannya banyak atau tinggi.
Banjir dapat menimbulkan kerusakan lingkungan hidup berupa: rusaknya areal pemukiman penduduk, sulitnya mendapatkan air bersih, rusaknya sarana dan prasarana penduduk, rusaknya areal pertanian, timbulnya penyakit-penyakit, menghambat transportasi darat.


Sumber : wikiepedia.co.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar